GOOD CUSTOMER

Good customer atau pelanggan yang baik adalah type pelanggan yang tentunya sangat di sukai oleh banyak perusahaan termasuk penyedia jasa tour & travel.

Suatu hari, kami bertukar pengalaman langsung dengan beberapa pelaku bisnis tour & travel, yang mana mereka berawal dari sebuah perusahaan besar dan bonafit hingga harus rela gulung tikar, kami tidak menyebutkan namanya. Dari sharing tersebut, kami menyimpulkan bahwa “banyak perusahaan maju karena pelanggan yang baik dan banyak juga perusahaan yang harus gulung tikar karena pelanggan yang buruk”. Hmmmm.. cemmana pula itu..?!!

Untuk menjawabnya, kami akan menjelaskan tipe-tipe pelanggan versi andaraja berdasarkan pengalaman kami sehari-hari.

1. Pelanggan Yang Baik (Good Customer).

Pelanggan jenis ini, jika memesan tiket selalu membayar sebelum habis masa limit. Tipe pelanggan jenis ini yang kerap kali memajukan perusahaan karena kedisiplinan mereka dalam membayar dulu kewajiban, baru kemudian menerima hak nya. Pelanggan jenis ini yang banyak di idam-idamkan oleh pelaku bisnis tour & travel.

2. Pelanggan Ngutang

Pelanggan jenis ini kebalikan dari tipe yang pertama, kerap kali pelanggan jenis ini senang atau tidak senang sahabat mendengarnya, ini adalah tipe yang kerap kali pada akhirnya menjadi penyebab perusahaan harus gulung tikar karena tidak ada lagi dana cash. Kebanyakan tipe ini sekali lagi senang atau tidak senang biasanya di bandrol oleh teman-teman dari dinas pemerintahan/perusahaan-perusahaan swasta dan bumn yang memiliki sistem pembayaran mundur 7-30 hari berikutnya atau lebih. Di tambah lagi, jika pembayaran mundurnya tidak seperti yang di janjikan, katakan pembayaran seharusnya 2 minggu, meleset menjadi 3-4 minggu, jika semua pelanggan ngutang macet bayar seperti ini, apa yang terjadi kawan? Siap-siap gulung tikar deh seperti cerita partner saya yang sudah mengalami hal ini terjadi pada perusahaannya.

3. Pelanggan Kartu Kredit

Pelanggan jenis ini, biasanya mulai dari membeli tiket, reservasi kamar hotel, dan lainnya selalu menggunakan kartu kredit, karena ada kemudahan pembayaran bisa di bagi menjadi cicilan 3/6/12 bulan. Dan kebiasaan pelanggan jenis ini juga pintar memanfaatkan momen diskon yang ditawarkan penyedia jasa penerbangan, hotel dan sebagainya untuk pengguna kartu kredit.

4. Pelanggan Horang Kayah (pemurah)

Salah satu ciri orang kaya yaitu suka memberi lebih. Kami memiliki banyak pelanggan tipe ini, mereka suka membayar lebih untuk jumlah harga tiket yang mereka beli. Biasanya tipe ini justru kerap kali berada di level diatas good customer, mereka membayar tepat waktu dan lebih. hehe

5. Pelanggan Please Wait !!

Pelanggan jenis ini sering berucap, “bro, dahulukan aja ya issued tiketnya, 3 jam lagi aku transfer”. Ada juga “bro, aku masih kerja nih, ntar sore baru bisa transfer, gak papa kan”. Dan lagi “bro, ini udah malam, mana atm jauh lagi, besok pagi aja ku transfer ya”. dan banyak lagi model bahasa dari pelanggan please wait ini.

Jika anda memesan tiket/hotel di OTA (online travel agency), apakah mereka bisa menolerir pembayaran anda yang lebih dari batas limit yang ditentukan? Tentu tidak, jika habis limit, otomatis bokingan tiket/hotel anda akan tercancel otomatis. Jika anda ingin memiliki tiketnya, anda akan membayar segera sebelum habis masa limit kan? Nah, jika kepada penyedia jasa online kalian bisa membayar tepat waktu, kenapa kepada yang lain tidak bisa?!!.. (Coba pikir kata cak lontong). 😀

Pelanggan jenis ini adalah salah satu tipe terbanyak dari tipe lainnya. Dan tipe ini kerap kali adalah mereka teman-teman dekat, yang secara hubungan emosional sangat baik, dan tidak mungkin merugikan pelaku bisnis itu sendiri. Maaf ya sobat !! mudah-mudahan kalian tidak baca ini. hehe

6. Pelanggan Diskon dan Point

Pelanggan tipe ini sangat senang dengan program diskon dan point. Asal dapat diskon dan point, mereka paling cepat jadi membeli.

7. Pelanggan Aman (Pelanggan Deposit)

Pelanggan tipe ini memang belum banyak, namun ada. Seperti pak Ali yang memesan tiket sekeluarga 6 orang pada Agustus 2018 dari Medan-Jakarta untuk penerbangan Juli 2019, dan langsung membayar. Jadi prinsip pak Ali, udah langsung beli sekarang aja, ntar kepake pula uangnya. Ya bagus sih ya.

Dan ada juga pelanggan deposit, yang menitipkan sejumlah uangnya, untuk keperluan pembelian tiket penerbangan, kapan pun mereka ingin beli, tinggal potong dari deposit mereka.

Demikian beberapa tipe pelanggan tour & travel versi andaraja, jika berbeda dengan versi lainnya, ya namanya juga ini versi andaraja yang di ambil dari pengalaman keseharian. seMoga bermanfaat.

 

Andaraja T&T “we are always there”

 

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *